Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review) have been followed.

Author Guidelines

PUSTAHA: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi terbit dua kali setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi Pustaha menerima artikel baik yang berupa hasil penelitian maupun studi literatur yang orisinal yang relevan dengan bidang perpustakaan dan informasi. Pustaha juga menerima artikel berupa laporan kasus, penyegar ilmu perpustakaan dan informasi, dan ceramah ilmiah lainnya dalam konteks perpustakaan dan informasi.

 Artikel Penelitian: berisi artikel mengenai hasil penelitian dalam bidang perpustakaan dan informasi. Format penulisannya terdiri dari: Pendahuluan: berisi latar belakang, masalah dan tujuan penelitian. Tinjauan Pustaka: berisi kajian teoretis dan atau landasan teori yang relevan dengan topik yang diteliti. Metode: berisi metode atau cara dan prosedur yang digunakan untuk melakukan penelitian. Hasil: dapat disajikan dalam bentuk deskripsi teks, dan data dapat disajikan pada tabel, gambar atau grafik. Berikan kalimat pengantar untuk menerangkan tabel, gambar, dan atau grafik, tetapi jangan mengulang apa yang telah disajikan dalam tabel, gambar, dan atau grafik sebelumnya. Diskusi: berisi pembahasan mengenai hasil penelitian yang ditemukan. Pembahasan tentang hasil penelitian dapat dibandingkan dengan hasil penelitian lain. Jangan mengulang apa yang telah ditulis pada bab sebelumnya. Kesimpulan dan Saran: berisi kesimpulan penulis berdasarkan hasil penelitiannya. Saran yang dikemukakan harus mengacu kepada kesimpulan yang ditulis ringkas, padat dan relevan dengan hasil.

Studi Literatur: merupakan article review dari jurnal dan atau buku mengenai ilmu perpustakaan dan informasi yang mutakhir. Format tulisan terdiri atas Pendahuluan, Pembahasan dan Kesimpulan.

Laporan Kasus: berisi artikel tentang kasus pada perpustakaan tertentu yang cukup menarik dan baik untuk disebarluaskan kepada kalangan perpustakaan lainnya. Format tulisan terdiri atas: Pendahuluan, Laporan Kasus, Pembahasan, dan Kesimpulan.

Penyegar Ilmu Perpustakaan dan Informasi: berisi artikel yang membahas berbagai hal dan atau topik, baik topik yang lama maupun yang baru akan tetapi masih bersifat mutakhir yang dipandang perlu untuk disebarluaskan. Format tulisan disesuaikan dengan kebutuhan.

Ceramah: berisi tulisan atau laporan yang menyangkut bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang pernah disampaikan pada pertemuan tertentu akan tetapi dipandang perlu untuk disebarluaskan. Format tulisan disesuaikan dengan kebutuhan.

Petunjuk Umum

Artikel yang dikirim ke Redaksi Pustaha adalah artikel yang belum pernah dipublikasikan. Untuk menghindari duplikasi, redaksi tidak menerima artikel yang juga dikirim pada jurnal lain pada waktu yang bersamaan untuk publikasi, bila artikel itu berupa karjasama dari beberapa penulis, maka penulis utama harus memastikan bahwa seluruh penulis pembantu telah membaca dan menyetujui artikel tersebut.

Semua artikel yang dikirimkan kepada Redaksi Pustaha akan dibahas oleh para pakar dalam bidang keilmuan tersebut (peer-review) dan Redaksi Pustaha. Artikel yang perlu mendapat perbaikan format atau isinya akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki.

Penulisan Artikel

Artikel, termasuk tabel, gambar, dan daftar pustaka, harus diketik dua spasi pada kertas ukuran 21,5 x 28 cm (kertas A4) dengan jarak tepi minimal 2,5 cm, dengan jumlah halaman maksimum 20 halaman. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan dimulai dari halaman judul sampai halaman terakhir. Kirimkan naskah asli dalam bentuk cetak dan berkas elektroniknya (disket) kepada Redaksi

Pustaha. Tuliskan nama berkas dan program yang digunakan pada label disket. Artikel cetak dan berkas elektronik yang dikirim kepada Redaksi Pustaha tidak akan dikembalikan kepada penulis.

Halaman Judul

Halaman judul berisi judul artikel, nama setiap penulis artikel disertai dengan gelar akademik tertinggi dan lembaga afiliasi penulis, nama dan alamat korespondensi, nomor telepon, nomor faksimil dan alamat e-mail. Judul sebaiknya singkat dengan jumlah maksimal 40 karakter termasuk huruf spasi. Dianjurkan agar jumlah penulis artikel dibatasi maksimal sampai dengan 4 orang.

Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak untuk artikel yang berbahasa Indonesia dibuat dalam bahasa Inggris dan artikel yang ditulis dalam bahasa Inggris dibuat dalam bahasa Indonesia. Abstrak ditulis dalam bentuk tidak terstruktur dengan jumlah kata maksimal 200 kata. Artikel penelitian harus berisi tujuan penelitian, metode, hasil utama dan kesimpulan utama. Abstrak dibuat ringkas dan jelas sehingga memungkinkan pembaca memahami aspek penting tanpa harus membaca seluruh artikel.

Teks Artikel

Teks artikel disusun menurut subjudul atau subbab yang sesuai format penulisan sebagaimana diuraikan di atas. Jangan menggunakan singkatan tidak baku. Jangan memulai kalimat dengan suatu bilangan numerik. Untuk kalimat yang diawali dengan suatu angka, tuliskan dengan huruf.

Tabel

Setiap tabel harus diketik dua spasi. Nomor tabel berurutan sesuai dengan urutan penyebutan dalam teks. Setiap tabel diberi judul singkat. Judul tabel dituliskan di atas tabel. Setiap kolom diberi subjudul atau uraian singkat. Tempatkan penjelasan pada catatan kaki, bukan pada judul.

Gambar dan atau Grafik

Gambar dan atau grafik harus diberi nomor unit sesuai dengan pemunculan dalam teks. Judul gambar dan atau grafik ditulis di bawah gambar dan atau grafik.

Rujukan

Rujukan ditulis sesuai aturan penulisan yang ditetapkan oleh Modern Language Association (MLA). Cantumkan semua nama penulis bila tidak lebih dari tiga orang, dan bila lebih dari tiga orang penulis pertama diikuti oleh kata et al. Jumlah rujukan sebaiknya dibatasi maksimal sampai dengan 30 judul. Hindari penggunaan abstrak sebagai rujukan. Hindari rujukan berupa komunikasi pribadi (personal communication) kecuali untuk informasi yang tidak mungkin diperoleh dari sumber umum. Sebutkan nama sumber dan tanggal/komunikasi, dapatkan izin tertulis dan konfinnasi ketepatan dari sumber komunikasi.

Artikel dikirimkan kepada:

Pemimpin Redaksi PUSTAHA: Jumal Studi Perpustakaan dan Informasi
Departemen Studi Perpustakaan dan Informasi
Fakultas Sastra, Universitas Sumatera Utara
Jl. Universitas 19, Kampus USU, Medan, 20155, Indonesia
Tel: 061-8223581, Fax: 061-8213108
Situs Web: dspi.usu.ac.id/pustaha-jurnal
E-mail: pustaha@dspi.usu.ac.id

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.