Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN NASKAH

Jurnal Teknik Sipil Itenas merupakan jurnal yang sepenuhnya diperiksa oleh Redaksi Ahli yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Redaksi menerima artikel ilmiah berupa hasil penelitian, gagasan, dan konsepsi dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Pemasukan Naskah:

  1. Naskah dimasukkan sebanyak 1 berkas hasil cetakan dan dilengkapi dengan file dalam CD
  2. Naskah tulisan harus asli, belum pernah dimuat di media lain, atau tidak sedang dalam proses untuk dimuat di media lain. Untuk naskah yang pernah disampaikan dalam ceramah/seminar/diskusi harap disebutkan dalam catatan pada halaman pertama.
  3. Seluruh naskah yang masuk ke redaksi akan diperiksa oleh Redaksi Ahli sesuai dengan bidang kajiann naskah. Aspek yang diperiksa menyangkut keahlian informasi, kontribusi substantif naskah terhadap bidang kajian, serta kejelasan dan kualitas prasantasi naskah.
  4. Naskah yang disajikan tidak sesuai dengan ketentuan jurnal akan dikembalikan.

Ketentuan Naskah:

  1. Naskah diketik dengan menggunakan komputer dalam format MS Word atau Word Prefect dengan kertas berukuran A4, ukuran font 11, dan berjarak 1 spasi. Keseluruhan Naskah paling banyak 12 halaman, disertai abstrak (maksimum 200 kata) dan kata kunci (3-5 kata) dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Naskah diberi nomor halaman dengan angka arab.
  2. Naskah tulisan dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Bila menggunakan bahasa Indonesia diharapkan memperhatikan pedoman dan istilah yang telah dibakukan. Bila terpaksa menggunakan istilah asing, hendaknya digunakan huruf miring pada kata tersebut.
  3. Naskah disusunan dengan urutan: judul; nama penulis (tanpa gelar), instansi tempat bekerja, abstrak dan kata kunci (Indonesia dan Inggris), pengantar/pendahuluan, isi naskah, kesimpulan, daftar rujukan. Jika penulis lebih dari satu orang, nama penulis dicantumkan berurutan ke bawah, dengan nama penulis utama dicantumkan di baris paling atas.
  4. Naskah dapat dilengkapi dengan tabel, grafik, gambar, dan foto dalam format hitam-putih. Tabel, grafik, gambar, dan foto dalam format digital akan lebih baik. Jika file-nya terpisah dengan file tulisan, maka hendaknya file tersebut juga disertakan dalam disket. Tabel, grafik, gambar, dan foto harus diberi judul yang singkat dan jelas, dan masing-masing diberi nomor berurutan, dengan angka arab. Keterangan diletakkan du bawahnya. Apabila merupakan kutipan harus disebutkan sumbernya dalam bagian bawah tabel, grafik, gambar, atau foto.
  5. Apabila dalam naskah ada keterangan ata kata yang harus diberi catatan kaki, berilah nomor secara berturut-turut untuk seluruh naskah. Gunakan halaman tersendiri pada akhir tulisan untuk menuliskan semua catatan kaki dengan nomor urut yang sesuai pada isi naskah.
  6. Daftar rujukan berisi pustaka yang dirujuk dalam tulisan saja. Pustaka dalam daftar rujukan diurukan secara alfabetis berdasarkan nama belakang penulis, tanpa diberi nomor, dengan tata cara penulisan sebagai berikut:
    • Untuk buku:
      Nama belakang penulis, nama depan penulis, tahun terbitan, judul buku, kota: nama penerbit.
      Contoh: Baker, K.R. 1974. Introduction to Sequencing and Sheduling. New York: John Wiley & Sons.
    • Untuk artikel dari jurnal:
      Nama belakang penulis, nama depan penulis, tahun terbitan. Judul artikel. Judul jurnal. Nomor terbitan. Nomor halaman.
      Contoh: Weitzman, M.L. 1992. On diversity. Quartely Journal of Economics. Vol.5 no.2. P363-405.
    • Untuk artikel dari jurnal:
      Nama belakang penulis, nama depan penulis, tahun terbitan. Judul artikel. nama editor . Judul buku. Kota: nama penerbit.
      Contoh: Suen, W. 1997. The value of product diversity. dalam Nurjaman (ed). Everything about Productivity. Bandung: PT. Intermatra Internasional.
    • Jika buku merupakan hasil terjemahan, maka nama penerjemah harus ditulis.
      Contoh: Ching, D.K. 1990. Pengantar Perancangan Ruang. terjemahan Edward Hutabarat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  7. Redaksi berhak memperbaiki tata bahasa dari naskah yang akan dimuat tanpa mengubah maksud isinya.

       

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.