PENGUKURAN PRODUKTIVITAS KELOMPOK PEKERJA BANGUNAN DALAM PROYEK KONSTRUKSI (STUDI KASUS PROYEK GEDUNG BERTINGKAT DI SURAKARTA)

Wulfram I. Ervianto


Abstract


Publication of productivity of labour in construction project are limited. There are many productivity references, one of them is BOW (Burgeslijke Openbare Werken) analysis but it is’n fit to use it now. To aim of this research is to obtain new information of productivity coeffisient especially in main building structure (column, beam and plate) and concrete stone. Data collection is done by collecting building daily report from the contractor. The project is located in Surakarta. Result of this study are: (a) coeffisient productivity of foundation is 0,067 m3/man/hour; (b) column is 0,074 m3/man/hour; (c) beam and plate is 0,041 m3/man/hour; and concrete stone is 0,191 m3/man/hour.

 

 

Abstract in Bahasa Indonesia:

 

Informasi mengenai produktivitas kelompok pekerja dalam proyek konstruksi sampai dengan saat ini relatif sedikit yangdipublikasikan, kecuali informasi yang diperoleh dari beberapa referensi produk jaman Belanda yaitu analisa BOW. Mengingat telah terjadinya banyak perubahan dalam hal teknologi bahan, alat dan metoda konstruksi, kiranya analisa tersebut tidak relefan lagi bila digunakan pada saat ini. Untuk mendapatkan informasi yang relatif baru perlu kiranya melakukan penelitian yang dapat menghasilkan besaran produktivitas untuk pembentukan komponen utama bangunan, yaitu pondasi, kolom, balok dan plat. Mengingat prosentasi untuk struktur utama bangunan ini mengkontribusi ± 40% dari nilai total bangunan. Data pendukung penelitian digunakan laporan harian yang merupakan produk dari kontraktor dengan diklarifikasi dengan data primer yang diperoleh secara langsung di lapangan dengan cara pengamatan terhadap kegiatan-kegiatan tersebut. Analisis data dilakukan dengan cara matematis sederhana untuk mendapatkan besarnya produktivitas. Hasil penelitian yang diperoleh hal-hal sebagai berikut : (a) produktivitas pekerjaan pondasi plat adalah 0,067 m3/orang/jam; (b) pekerjaan kolom adalah 0,074 m3/orang/jam; (c) pekerjaan balok dan plat adalah 0,041m3/orang/jam; dan pekerjaan pasangan batu kali adalah 0,191 m3/orang/jam.

 

Kata Kunci : Produktivitas; struktur utama bangunan; bangunan gedung


Keywords


Productivity, main structures, office building

Full Text: PDF


Copyright © Research Center Web-Dev Team