STUDI PERBANDINGAN BIAYA KONSTRUKSI PERKERASAN KAKU DAN PERKERASAN LENTUR

Rudi Waluyo, Waluyo Nuswantoro, Lendra Lendra


Abstract


The objectives of this research are to know how much cost needed for rigid pavement, flexible pavement and to know cost comparison between rigid pavement and flexible pavement. The pavement depth planning uses component analysis from Bina Marga Method for aggregate base course and method developed by NAASRA (National Association of Australian State Road Authorities) for concrete base course. Data needed for the analysis consist of work volume details, unit cost list, unit cost analysis, equipment replacement analysis and construction drawing. Cost analysis result shows that rigid pavement need Rp 5.310.421.058, and flexible pavement need Rp 4.028.077.446, with cost saving percentage 24,15 % for rigid pavement cost.

 

 

Abstract in Bahasa Indonesia:

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk perkerasan kaku, perkerasan lentur dan untuk mengetahui perbandingan biaya antara konstruksi perkerasan kaku dengan perkerasan lentur. Perencanaan tebal perkerasan menggunakan analisis komponen dari Metode Bina Marga untuk lapis pondasi agregat dan metode yang dikembangkan oleh NAASRA (National Association of Australian State Road Authorities) untuk pondasi beton. Data yang diperlukan adalah rincian volume pekerjaan, daftar harga satuan, analisa harga satuan, analisa alat berat dan gambar pekerjaan. Dari hasil analisis biaya menunjukkan bahwa perkerasan kaku membutuhkan biaya sebesar Rp. 5.310.421.058 dan perkerasan lentur membutuhkan biaya sebesar Rp. 4.028.077.446 dengan persentase penghematan biaya sebesar 24,15% terhadap biaya perkerasan kaku.

 

Kata Kunci : Biaya konstruksi, perkerasan kaku, perkerasan lentur, volume, harga satuan.


Keywords


Construction cost, rigid pavement, flexible pavement, volume, unit cost

Full Text: PDF


Copyright © Research Center Web-Dev Team