STUDI PERSAMAAN KORELASI ANTARA KETIDAKRATAAN PERMUKAAN JALAN DENGAN INDEKS KONDISI JALAN STUDI KASUS RUAS JALAN LABUAN – CIBALIUNG

Suherman Suherman

Abstract


International Roughness Index (IRI) and Road Condition Index (RCI) are two parameters often used to determine the functional performance level of a road section. The functional performance level will affect to the riding quality and safety of a driver. In this study, a correlation equation between International roughness index and Road condition index was established, where the International roughness index values of a road section were obtained from NAASRA roughness measuring and the road condition index values were determined by expert people. Then the correlation equation developed in this study was validated to the correlation equations obtained from the literature study. The study results show that the International roughness index is significantly correlated to the road condition index. This is shown by the high value of the R2. The validation results show that the correlation equation result proposed by Susilo (1999) is in close agreement with the result from the correlation equation developed in this study.

 

 

Abstract in Bahasa Indonesia:

 

Ketidakrataan permukaan jalan dan indeks kondisi jalan merupakan parameter-parameter yang sering digunakan untuk menentukan tingkat kondisi pelayanan suatu ruas jalan. Tingkat kondisi pelayanan tersebut sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan pengemudi. Dalam studi ini telah dilakukan evaluasi terhadap persamaan korelasi antara dua parameter tersebut diatas, dimana besaran ketidakrataan permukaan jalan diperoleh dari hasil pengukuran roughometer NAASRA sedangkan besaran indeks kondisi jalan ditentukan dengan pengamatan langsung dilapangan oleh sekelompok akhli. Persamaan korelasi yang dikembangkan dalam studi ini kemudian divalidasi dengan persamaan korelasi yang diperoleh dari hasil kajian pustaka. Hasil dari studi memperlihatkan bahwa parameter ketidakrataan permukaan jalan sangat berkorelasi kuat dengan indeks kondisi jalan. Hal ini seperti diperlihatkan dengan besarnya nilai R2 yaitu sebesar 0,999. Kemudian validasi yang dilakukan memperlihatkan bahwa persamaan korelasi yang diusulkan oleh Susilo (1999) memberikan hasil yang sangat dekat dengan persamaan korelasi yang dikembangkan dalam studi ini.

 

Kata-kata kunci: IRI, RCI, kinerja fungsional, sistem manajemen perkerasan.


Keywords


IRI, RCI, Functional performance, pavement management system.

Full Text:

PDF