ANALISIS KARAKTERISTIK DAN DAMPAK PARKIR TERHADAP LALULINTAS, DI SOLO GRAND MALL SURAKARTA

Suwardi Suwardi

Abstract


Surakarta is a administrative city, karesidenan city, batik city and culture city that expanding is fast now. If not made balance with enough park facility so will be traffic jam. Grand Mall Surakarta is a selfservice that famous in Surakarta, tere are park facility in the basement, first floor and fourth floor so the customer park use park in the road. With the problem, so need research how characteristic park in Grand Mall Surakarta. The goal of this research is analysis characteristic park. The research is method and technique: (1) ready data, (2) analysis data, (3) presentation the result data and the solution. The research can be conclude : the maximum accumulation car , wenesday park inside 249 car, outside 114 car, the maximum accumulation motorcycle , inside 657 motorcycle, outside 315. The maximum index car , inside 72%, outside 125% and inside + outside 103%. The maximum index motorcycle , inside 65%, outside 163%. The volume park car , inside 1591 car, outside 860 car. The volume park motorcycle , park inside 4139 motorcycle, outside 1652 motocycle. Turnover park car inside 4.6, outside 9.5. and motorcycle inside 4.1, outside 8.1 . The highest duration park car 0.0 until 0.5 hour and motocycle 0.5 until 1.0 hour. The needed park Grand Mall in Surakarta if all the inside park enough when accumulation still under capacity and index park less then 100%. The service in 4 column and 3 column is mean C. if is needed park 2 column the service become D and E with loss time (200m) is 6 second.

 

 

Abstract in Bahasa Indonesia:

 

Surakarta merupakan kota admistrasi, kota karesidenan, kota batik dan kota budaya yang saat sekarang sedang berkembang dengan pesat. Bila tidak diimbangi dengan fasilitas parkir yang memadai maka akan mengakibatkan terjadi kemacetan. Grand Mall Surakarta merupakan swalayan terkenal pada saat ini di Surakarta, Fasilitas parkir saat sekarang berada di lantai dasar, lantai 1 dan lantai 4, sehingga para pengguna parkir banyak yang parkir di badan jalan. Dengan masalah parkir diatas, maka perlu penelitian bagaimana karakteristik parkir di Swalayan Grand Mall Surakarta. Tujuan penelitian adalah menganalisis karakteristik parkir kendaraan.. Metode dan teknik pengumpulan data : (1) penyediaan data, (2) analisis data, (3) penyajian hasil analisis dan pembahasan. Hasil penelitian sebagai berikut: Akumulasi parkir mobil maksimum hari rabu parkir dalam 249 kendaraan, luar 114 kendaraan, sepeda motor dalam 657 kendaraan, luar 315 kendaraan. Indek parkir mobil maksimum dalam 72%, luar 125%, sepeda motor dalam 65%, luar 163%. Volume parkir mobil dalam 1591 kendaraan, luar 860 kendaraan, sepeda motor dalam 4139 kendaraan dan luar 1652 kendaraan. Turn over parkir mobil dalam 4.6, luar 9.5, sepeda motor dalam 4.1 dan luar 8.1. Durasi parkir mobil tertinggi 0.0 sampai 0.5 jam, sepeda motor tertinggi 0.5 sampai 1. 0 jam. Kebutuhan parkir Grand Mall di Surakarta apabila semua parkir di dalam masih mencukupi akumulasi masih dibawah kapasitas dan indek parkir kurang dari 100 %. Tingkat pelayanan 4 lajur dan 3 lajur rata-rata C, sedangkan bila digunakan parkir 2 lajur tingkat pelayanan menjadi D dan E kerugian waktu tempuh (200m) rata-rata 6 detik.

 

Kata Kunci: Karakteristik Parkir, kapasitas Parkir, Grand Mall, Surakarta


Keywords


characteristic park, Capacity park, Grand Mall, Surakarta

Full Text:

PDF