Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for GEMATIKA (Jurnal Manajemen Informatika)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK BAGI PENULIS

 

Jurnal Gematika menerima naskah asli yang belum pernah diterbitkan di dalam/luar negeri. Naskah dapat berupa artikel hasil penelitian maupun artikel konseptual dalam bidang Teknik Informatika, Manajemen Infor­matika dan Sistem Informasi. Naskah artikel hasil pene­litian hendaknya disusun menurut sistematika sebagai berikut:

Judul, memberikan gambaran mengenai penelitian yang telah dilakukan. Variabel-variabel penelitian dan hu­bungan antar variabel tersebut, serta informasi lain yang dianggap penting hendaknya terlihat dalam judul artikel. Judul artikel dibatasi 5-15 kata.

Nama Penulis, ditulis tanpa disertai gelar akademik atau gelar lain apapun. Nama lengkap dengan gelar akademik di­ikuti nama lembaga tempat bekerja peneliti ditulis se­ba­gai catatan kaki di halaman pertama. Jika lebih dari 3 peneliti, hanya peneliti utama saja yang dicantumkan di bawah judul, nama peneliti lain ditulis dalam catatan kaki.

Abstrak dan Kata-kata Kunci ditulis dalam bahasa Inggris dan memuat uraian mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan dan hasil penelitian. Tekanan terutama diberikan kepada hasil pene­litian. Panjang abstrak antara 50-100 kata, ditulis dalam 1 paragraf dan juga dilengkapi dengan kata-kata kunci (3-5 buah).

Bagian Pendahuluan, tidak diberi judul. Bagian ini ter­utama berisi (1) permasalahan penelitian, (2) wa­wasan dan rencana pemecahan masalah, (3) tujuan penelitian, dan (4) rangkuman kajian teoritik serta harapan akan hasil penelitian.

Metode, menguraikan bagaimana penelitian yang dilaporkan dilakukan. Materi pokok bagian ini adalah (1) rancangan atau desain penelitian, (2) prosedur (bisa dalam bentuk algoritma, pseudocode atau lainnya), dan (3) pengujian. Sub-sub bagian di atas umumnya disampaikan dalam format esai dan sesedikit mungkin menggunakan format enumeratif.

Hasil dan Pembahasan, memuat hasil dan pembahasan yang menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian. Hasil yang disajikan adalah ‘hasil bersih’. Penyampaian hasil penelitian dapat dibantu dengan pemakaian tabel, grafik atau bentuk/format komunikasi yang lain. Grafik dan tabel harus dibahas dalam tubuh artikel. Jika penyajian hasil cukup panjang dapat dibagi dalam beberapa sub­bagian.

Simpulan, menyajikan ringkasan dari uraian mengenai hasil penelitian dan pembahasan. Dari kedua hal ini dikembangkan pokok-pokok pikiran (baru) yang meru­pa­kan esensi dari temuan penelitian.

Daftar Rujukan, ditulis dengan menggunakan pedoman umum yang juga berlaku bagi penulis artikel non penelitian. Bahan rujukan yang dimasukkan dalam daf­tar rujukan hanya yang benar-benar disebutkan dalam tubuh artikel. Sebaliknya, semua rujukan yang telah disebutkan dalam tubuh artikel harus tercatat di dalam daftar rujukan.

Sedangkan Artikel Konseptual/Non Penelitian disusun menurut sistematika:

Judul, Nama Penulis, Abstrak dan Kata-Kata Kunci, Bagian Pendahuluan, sama dengan artikel hasil penelitian.

Bagian Inti, berisi kupasan, analisis, argumentasi dan pendirian penulis mengenai masalah yang dibicarakan. Banyaknya sub bagian tergantung pada kecukupan kebutuhan penulis untuk menyampaikan pikirannya. Perlu dijaga agar tampilan bagian ini tidak menjadi enumeratif.

Penutup atau Rangkuman, penutup biasanya diisi dengan kesimpulan penulis atas bahasan yang disajikan pada bagian sebelumnya. Jika dipandang perlu dapat juga disertakan saran-saran. Jika memang dianggap tepat dapat disajikan dalam sub-bagian tersendiri.

Daftar Rujukan, sama dengan artikel hasil penelitian.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review) have been followed.
 

Copyright Notice

Copyright Jurnal GEMATIKA STIKOM

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.