ANALISA KEPADATAN RUAS JALAN DI KECAMATAN RUNGKUT DENGAN PEMETAAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Hendrata Wibisana, Siti Zainab


Abstract


Kemacetan adalah permasalahan pelik yang berdampak luas kepada masyarakat pengguna jalan serta pelaku ekonomi. Kemacetan berhubungan dengan volume lalu lintas yang melintas pada suatu ruas jalan. Pada penelitian ini dilakukan analisa hubungan antara volume lalu lintas dengan kepadatan jumlah penduduk di sebuah kecamatan.Penelitian ini diRungkut kotamadya Surabaya, dimana jumlah penduduk dibagi dalam zona kelurahan.
Metode yang digunakan untuk membantu proses analisa dan pemetaan adalah Arc View versi 3.3, metode Roods dan metode Arterical Capacity dengan persamaan rumus C = Co x FCw x FCsp x FCsf x FCcs. Dari hasil perhitungan nilai Kapasitas (C )maka akan didapat nilai derajat kejenuhan (DS) yang menggambarkan layak tidaknya jalan tersebut digunakan secara nyaman. Dan jalan yang mengalami derajat rendah (dengan nilai DS > 0.7 )adalah jalan Medokan Ayu, jalan Rungkut Puskesmas, jalan Pandugo, jalan Baruk Utara, jalan Wonorejo Rungkut, dan jalan Medokan Kampung. sedangkan jalan yang mengalami derajat kejenuhan sedang dengan nilai DS antara 0.7 < 0.85 )adalah jalan Rungkut Madya, jalan KH Zamhuri, jalan Rungkut Asri Tengah, jalan Rungkut Asri Utara, jalan Kedung Asem dan jalan Kedung Baruk
Dalam SIG terdapat 2 data yaitu data spasial berupa peta dan data atribut berupa tabel. SIG dapat digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memeriksa, dan menampilkan data-data pada setiap lokasi diruas jalan kecamatan Rungkut sehingga data yang disajikan up to date. Dengan demikian hasil kajian Arc View versi 3.3 dapat digunakan sebagai bahan referensi pemetaan kota Surabaya.


Full Text: DOC

The Journal is published by Universitas Katolik Soegijapranata. It available online supported by Petra Christian University and Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education.


Copyright © Research Center Web-Dev Team