PENGARUH COPPER SLAG SEBAGAI CEMENTITIOUS TERHADAP KUAT TEKAN BETON

Wahyu Kartini


Abstract


Limbah industri peleburan tembaga adalah copper slag, sebagian besar mengandung oksida besi dan silikat, berbentuk pipih dan runcing (tajam). Dapat digunakan sebagai pengganti agregat halus karena mempunyai sifat kimia yang stabil dan sifat fisik yang hampir sama dengan pasir. Dalam penelitian ini akan diteliti apakah copper slag dapat memberikan dampak yang positif sebagai pengganti sebagian semen (cementitious).

Sebagai cementitious, material dari copper slag harus dihaluskan terlebih dahulu karena semakin halus terak tembaga semakin bagus kontribusinya bagi peningkatan mutu beton. Variasi penambahan copper slag adalah 0%,10%,20%, dan 30% dari kebutuhan semen dengan menggunakan FAS 0,55 untuk beton mutu normal dan FAS 0,35 untuk beton mutu tinggi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa copper slag sebagai cementitious dapat memberikan dampak yang positif pada beton mutu tinggi, yaitu dengan variasi 20% copper slag terjadi peningkatan kuat tekan yang optimum (10,48%) dibandingkan beton tanpa menggunakan variasi copper slag, namun pada beton mutu normal mengalami penurunan kuat tekan rata-rata sebesar 29,6% apabila menggunakan variasi copper slag.


Full Text: DOC

The Journal is published by Universitas Katolik Soegijapranata. It available online supported by Petra Christian University and Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education.


Copyright © Research Center Web-Dev Team