EFEKTIFITAS MODEL KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DI RUAS JALAN RAYA RUNGKUT MADYA KOTA MADYA SURABAYA (PERBANDINGAN MODEL GREENSHIELD DAN GREENBERG)

Hendrata Wibisana

Abstract


Karakteristik dari arus lalu lintas dapat dipelajari dan dianalisa dengan menggunakan beberapa metode. Pada penelitian ini digunakan analisa perbandingan model karakteristik lalu lintas yang ada yaitu Greenshield dan Greenberg, efektifitas dan efisiensi dari penyajian data yang ditampilkan oleh masing – masing metode tersebut. Dan dari kedua metode tersebut akan dibandingkan mana yang lebih optimal dalam memberikan solusi dari pergerakan kendaraan dari hubungan antara kepadatan, arus dan kecepatan kendaraan pada ruas jalan Raya Rungkut Madya Kotamadya Surabaya. Untuk model Greenshield diperoleh model matematis:

Hubungan Kecepatan – Kepadatan :S = 32,818 – 0,533.ln.D

Hubungan Volume – Kepadatan :V = 32,818.D – 0,533.D.ln(D)

Hubungan Volume – Kecepatan :V = 1,82x10-27.S.e-1,876.S

Untuk model Greenberg diperoleh model matematis sebagai berikut :

Hubungan Kecepatan – Kepadatan : S = 31,546 – 0,0173.D

Hubungan Volume – Kepadatan :V = 31,546.D – 0,0173.D2

Hubungan Volume – Kecepatan :V = 1823,47.S – 57,8.S2

Untuk hubungan kecepatan kepadatan maka Greenberg memiliki pendekatan yang lebih baik, sedangkan untuk hubungan volume kepadatan, keduanya menunjukkan hasil yang hampir sama, dan untuk hubungan volume kecepatan maka pendekatan Greenshield masih lebih baik.

 

Kata Kunci: Greensberg Methods, Greenshield Methods, speed vehicles, traffic flow, density of traffic


Full Text:

PDF


The Journal is published by Universitas Katolik Soegijapranata. It available online supported by Petra Christian University and Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education.