REHABILITASI DAN REKONSTRUKSI PERUMAHAN KORBAN BENCANA GEMPA BUMI DAN GELOMBANG TSUNAMI KABUPATEN BIREUN PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM

Theresita Herni Setiawan

Abstract


Bencana gempa bumi dan gelombang tsunami di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) tanggal 26 Desember 2004, disusul bencana gempa bumi di wilayah Kepulauan Nias tanggal 28 Maret 2005, mengakibatkan lebih dari seratus ribu orang meninggal dan lebih dari delapan ratus ribu jiwa mengungsi dari daerah tersebut. Kerusakan hebat terjadi pada infrastruktur dan perumahan sehingga aktifitas masyarakat dan penduduk setempat mengalami kelumpuhan dalam berbagai bidang kehidupan. Oleh karenanya kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi harus dilaksanakan segera agar masyarakat yang kehilangan tempat tinggal dan mengungsi dari desanya dapat kembali menempati rumah tinggal yang layak huni dan tahan bencana. Penelitian ini mengkaji usulan bangunan rumah tinggal layak bagi masyarakat NAD dengan memperhatikan Faktor Ketentuan Bangunan (Building Code) yang berlaku, dengan melakukan pemetaan kondisi masyarakat dan pendataan kerusakan yang terjadi di kabupaten Bireun yang menduduki urutan ke-3 jumlah penduduk terbesar di provinsi NAD. Hasil penelitian menunjukkan penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi perumahan dan permukiman dengan rumah tinggal tipe 36 memenuhi building code setempat.

 

Kata kunci : rumah tinggal, building code.


Full Text:

PDF


The Journal is published by Universitas Katolik Soegijapranata. It available online supported by Petra Christian University and Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education.