PARTISIPASI ANGGARAN DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Industri Food and Beverage di Kawasan Industri SIER)

Lintang Venusita


Abstract


Partisipasi anggaran dinilai dapat mengurangi senjangan anggaran apabila bawahan membantu memberikan informasi pribadi tentang prospek masa depan sehingga anggaran yang disusun menjadi lebih akurat, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa semakin besar partisipasi anggaran dari para manajer akan dapat meningkatkan senjangan anggaran. Keterlibatan kerja juga diyakini dapat mempengaruhi senjangan anggaran perusahaan di mana semakin tinggi keterlibatan kerja manajer akan semakin menimbulkan besarnya kesempatan bagi para manajer untuk menimbulkan senjangan anggaran.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang terjadi secara langsung dari partisipasi anggaran dan keterlibatan kerja manajer terhadap senjangan anggaran maupun pengaruh tidak langsung dari kedua faktor tersebut dengan melibatkan faktor komitmen organisasi sebagai variabel moderating. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari partisipasi anggaran dan keterlibatan kerja terhadap senjangan anggaran, (2) terdapat pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran melalui komitmen organisasi sebagai variabel moderating, dan (3) terdapat pengaruh dari keterlibatan kerja terhadap senjangan anggaran melalui komitmen organisasi sebagai variabel moderating.
Model analisis yang digunakan untuk mendukung hipotesis satu yang diajukan analisis regresi berganda di mana untuk hipotesis dua dan tiga adalah analisis regresi linear berganda dengan variabel moderating (moderated regression analysis). Sampel yang digunakan adalah sebesar 32 perusahaan yang tergabung dalam kawasan industri SIER - PIER Surabaya.
Hasil penelitian analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh partisipasi anggaran dan keterlibatan kerja terhadap senjangan anggaran dan juga menemukan adanya pengaruh keterlibatan kerja terhadap senjangan anggaran melalui komitmen organisasi sebagai variabel moderating sehingga menerima hipotesis pertama dan ketiga, sedangkan untuk hipotesis kedua ditolak karena tidak ditemukan pengaruh yang signifikan dari partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran melalui komitmen organisasi sebagai variabel moderating.


Keywords


partisipasi anggaran, keterlibatan kerja, komitmen organisasi, senjangan anggaran.

Full Text: PDF

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Widya Kartika University. It available online supported by Petra Christian University and Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education.


Copyright © Research Center Web-Dev Team