PERANAN KANDUNGAN INFORMASI KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI TINGKAT RETURN SAHAM PADA PT SEMEN GRESIK, TBK

Livia Budi Hartono

Abstract


Dalam kegiatan investasi, kita memerlukan informasi keuangan dalam pengambilan keputusan baik itu bagi pihak intern dan ekstern. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji peranan kandungan informasi keuangan dalam memprediksi tingkat return saham pada PT. Semen Gresik, Tbk.
Peranan kandungan informasi keuangan disini bertujuan untuk mengukur hubungan antara suatu peristiwa yang mempengaruhi return saham. Pengaruh hubungan kandungan informasi keuangan tersebut meliputi asset, kewajiban, ekuitas, penjualan dan net income. Langkah-langkah pembahasan yang dilakukan agar kita dapat memprediksi tingkat return saham yaitu dengan cara earning per share, return on equity, pay out ratio, plow back ratio, tingkat pertumbuhan dividen, tingkat dividen yang diharapkan, tingkat harga saham yang diharapkan dan yang terakhir kita menghitung tingkat return saham yang diharapkan oleh investor.
Informasi keuangan yang dapat kita peroleh dari laporan keuangan PT. Semen Gresik, Tbk berupa laba bersih setelah pajak, jumlah ekuitas, jumlah lembar saham, pembayaran dividen maupun perkembangan harga pasar saham dari tahun 2004 sampai 2006. Dengan melalui langkah-langkah pembahasan tersebut maka return saham 2005 sebesar 12,58%, tahun 2006 16,38% dan tahun 2007 diprediksikan akan diperoleh sebesar 17,99% dari modal yang ditanamkan atau investasi saham di perusahaan tersebut.
Dengan diperoleh tingkat return saham dari tahun ke tahun yang mengalami peningkatan maka membuktikan bahwa PT. Semen Gresik, Tbk memiliki kemampuan untuk melakukan aktivitas operasionalnya dengan maksimal sehingga kinerja perusahaan yang dihasilkan juga semakin baik. Dari peningkatan return saham yang dihasilkan maka sebaiknya lembaga keuangan, investor maupun calon investor juga mempertimbangkan untuk menanamkan modal atau investasi pada PT. Semen Gresik, Tbk.

Keywords


kandungan informasi keuangan, return saham.

Full Text:

PDF


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Widya Kartika University. It available online supported by Petra Christian University and Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education.