DOI: https://doi.org/10.9744/jak.13.1.13-23

Pengaruh Aliran Kas Bebas dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Pemegang Saham dengan Set Kesempatan Investasi dan Dividen Sebagai Variabel Moderasi

Metha Arieska, Barbara Gunawan

Abstract


Penelitian ini menganalisis pengaruh aliran kas bebas dan keputusan pendanaan terhadap nilai pemegang saham dengan set kesempatan investasi dan dividen sebagai variabel moderasi. Sampel penelitian ini adalah 23 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2005-2009. Teknik analisis yang digunakan adalah moderated regression analysis (MRA) dengan menggunakan program SPSS 15. Penelitian ini menggunakan variabel dependen nilai pemegang saham, dan variabel independen adalah aliran kas bebas dan keputusan pendanaan. Variabel moderasi adalah set kesempatan investasi dan dividen. Hasil dari penelitian ini bahwa pada pengujian secara serentak (Uji F), variabel aliran kas bebas, keputusan pendanaan, set kesempatan investasi, dividen, moderasi aliran kas bebas dengan set kesempatan investasi, moderasi aliran kas bebas dengan dividen, moderasi keputusan pendanaan dengan set kesempatan investasi, moderasi keputusan pendanaan dengan dividen dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai pemegang saham. Pada pengujian secara parsial (Uji T), variabel moderasi aliran kas bebas dengan set kesempatan investasi, moderasi aliran kas bebas dengan dividen, moderasi keputusan pendanaan dengan set kesempatan investasi menunjukkan hasil positif signifikan, tetapi variabel keputusan pendanaan dan moderasi keputusan pendanaan dengan dividen tidak menunjukkan hasil yang signifikan.

Keywords


Aliran kas bebas, keputusan pendanaan, set kesempatan investasi, dividen nilai pemegang saham.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.9744/jak.13.1.13-23



Template for Preparing Article for JAK

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2018. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, ISSN: 1411-0288, e-ISSN: 2338-8137

click tracking
View My Stats